Menurut saya MOTIVASI adalah suatu keinginan atau dorongan untuk melakukan sesuatu tindakan yang kita inginkan agar tujuan tersebut tercapai.
Manusia perlu memenuhi kebutuhan-kebutuhan :
- FISIK :Lapar, haus, seks, aktivitas, istirahat, santai, olah-raga, sexy, menawan dan lain-lain.
- PSIKIS :Agresi, preservasi, kasih sayang, tanggung jawab, kebebasan, dominasi, power, ekspresi diri, kebanggaan, jati diri, meniru, pintar, pandai, emosi dan lain-lain.
- HASRAT :Emosi, penerimaan, afiliasi, apresiasi, respek, status, pengembangan, kegembiraan, simpati, ganteng, cantik, afeksi, kenikmatan, kepuasan, variasi,sosialisasi, berbeda dan lain-lain.
Disamping itu, manusia juga perlu menghindari dari :
- PERASAAN :Kemarahan, kesedihan, kecemasan, kepedihan, kehilangan, ketakutan, kesakitan, tekanan, depresi, imitasi, stres dan lain-lain.
Secara umum, kebutuhan manusia sebagai individu terbagi menjadi dua, kebutuhan dasar dan kebutuhan perolehan.
No | Basic Need (Kebutuhan Dasar) | Acquired Need (Kebutuhan Perolehan) |
1 | Bersifat fisiologis biogenis | Bersifat psikologis psikogenis |
2 | Makanan, minuman, air, udara, pakaian, perumahan, seks | Memperoleh penghargaan diri, martabat, kasih sayang, kekuasan, pengetahuan |
3 | Disebut kebutuhan primer/motif primer | Disebut kebutuhan sekunder/motif sekunder |
Memahami motivasi seseorang tidak begitu mudah. Karena keadaan itu merupakan situasi yang sifatnya sangat pribadi. Disamping itu, terlalu banyak variabel yang mempengaruhi, seperti : KEBUTUHAN DASAR dan KEBUTUHAN PEROLEHAN. Banyak teori yang dikembangkan untuk menjelaskan tentang motivasi. Teori motivasi yang paling banyak dikenal adalah teori KOGNITIF tentang kebutuhan manusia dari ABRAHAM H. MASLOW (1973) dan HERZBERG .
TEORI MOTIVASI KEBUTUHAN ABRAHAM H. MASLOW (1973) :
Motivasi kegiatan seseorang adalah usaha untuk memenuhi semua kebutuhan-kebutuhan pribadi yang bertingkat-tingkat, yaitu : kebutuhan fisik, keamanan, sosialisasi, penghargaan dan jati diri. Pemenuhan kebutuhan tersebut dilakukan secara PROGRESIF atau dari tingkatan yang terbawah naik ke tingkatan yang diatasnya.
TEORI MOTIVASI DUA FAKTOR HERZBERG :
Menurut HERZEBERG, motivasi seseorang melakukan sebuah kegiatan atau tindakan adalah usaha untuk mencapai tingkatan kepuasan ( faktor motivasi ) dan untuk menekan rasa ketidakpuasan ( faktor hijienik).Semua prilaku individu yang didorong motivasi-motivasi tersebut, dilakukan untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Hasil yang diinginkan inilah yang disebut sebagai sasaran. Pemilihan sasaran, bagi setiap individu berbeda satu sama lain, tergantung beberapa hal, yakni :
- Pengalaman pribadi
- Kemampuan fisik
- Norma dan nilai yang berlaku
- Kemudahan mencapai sasaran
Dan dalam prakteknya, terdapat keterkaitan antara kebutuhan dan sasaran tersebut. Walaupun pada kenyataannya pula, kesadaran orang akan “ sasaran ” cenderung kurang, sebanding kesadarannya akan “ kebutuhan ”. Orang cenderung lebih menyadari kebutuhan dasarnya/fisiologis ketimbang kebutuhan perolehan/psikologis.
REFERENSI :
- BUKU PAKET DASAR PEMASARAN UNIVERSITAS GUNADARMA (TEGUH BUDIARTO).
- WWW.GOOGLE.COM (CONSUMER BEHAVIOUR).
Labels :
- COMPUTER (1)
- NINTENDO (12)
- PLAY STATION 1 (13)
- SEGA (3)
- TUGAS BAHASA INDONESIA (15)
- TUGAS BAHASA INGGRIS BISNIS 2 (1)
- TUGAS EKONOMI KOPERASI (4)
- TUGAS ETIKA BISNIS (1)
- TUGAS METODE RISET (5)
- TUGAS PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (2)
- TUGAS PERILAKU KONSUMEN (2)
- TUTORIAL (3)
Situs Internet :
- BAAK ( GUNADARMA )
- Blogtingtung
- Friendster
- Laboratorium Akuntasi Menengah ( GUNADARMA )
- Laboratorium Manajemen Dasar ( GUNADARMA )
- Laboratorium Manajemen Lanjut ( GUNADARMA )
- Laboratorium Manajemen Menengah ( GUNADARMA )
- Liveconnector
- Repository ( GUNADARMA )
- Seminar ( GUNADARMA )
- Staffsite ( GUNADARMA )
- Studentsite ( GUNADARMA )
- Yahoo
Popular Posts :
Followers :
Mengenai Saya :
- Darussalam Saputra
- Susah diungkapkn dgn kata-kata karena setiap manusia memiliki sudut pandang yang berbeda-beda terhadap saya.
Blog Archive
-
▼
2009
(8)
-
▼
Desember
(8)
- Peran Koperasi diIndonesia
- Sony Ericsson Memberikan Hiburan Tanpa Batas Untuk...
- Motivasi Konsumen
- Analisis Kualitas Jasa Perlayanan Pada PT. BNI 46 ...
- Peningkatan Manajemen Sistem Bus di Jakarta
- Bank
- Model Pengaruh Persepsi Akan Toko Ritel Modern Pad...
- Faktor Yang Dipertimbangkan Nasabah Pada Saat Memi...
-
▼
Desember
(8)
0 komentar:
Posting Komentar