Minggu, 27 Desember 2009

Motivasi Konsumen

Menurut saya MOTIVASI adalah suatu keinginan atau dorongan untuk melakukan sesuatu tindakan yang kita inginkan agar tujuan tersebut tercapai.

Manusia perlu memenuhi kebutuhan-kebutuhan :

  • FISIK :Lapar, haus, seks, aktivitas, istirahat, santai, olah-raga, sexy, menawan dan lain-lain.
  • PSIKIS :Agresi, preservasi, kasih sayang, tanggung jawab, kebebasan, dominasi, power, ekspresi diri, kebanggaan, jati diri, meniru, pintar, pandai, emosi dan lain-lain.
  • HASRAT :Emosi, penerimaan, afiliasi, apresiasi, respek, status, pengembangan, kegembiraan, simpati, ganteng, cantik, afeksi, kenikmatan, kepuasan, variasi,sosialisasi, berbeda dan lain-lain.

Disamping itu, manusia juga perlu menghindari dari :

  • PERASAAN :Kemarahan, kesedihan, kecemasan, kepedihan, kehilangan, ketakutan, kesakitan, tekanan, depresi, imitasi, stres dan lain-lain.

Secara umum, kebutuhan manusia sebagai individu terbagi menjadi dua, kebutuhan dasar dan kebutuhan perolehan.

No

Basic Need (Kebutuhan Dasar)

Acquired Need (Kebutuhan Perolehan)

1

Bersifat fisiologis biogenis

Bersifat psikologis psikogenis

2

Makanan, minuman, air, udara, pakaian, perumahan, seks

Memperoleh penghargaan diri, martabat, kasih sayang, kekuasan, pengetahuan

3

Disebut kebutuhan primer/motif primer

Disebut kebutuhan sekunder/motif sekunder

Memahami motivasi seseorang tidak begitu mudah. Karena keadaan itu merupakan situasi yang sifatnya sangat pribadi. Disamping itu, terlalu banyak variabel yang mempengaruhi, seperti : KEBUTUHAN DASAR dan KEBUTUHAN PEROLEHAN. Banyak teori yang dikembangkan untuk menjelaskan tentang motivasi. Teori motivasi yang paling banyak dikenal adalah teori KOGNITIF tentang kebutuhan manusia dari ABRAHAM H. MASLOW (1973) dan HERZBERG .

TEORI MOTIVASI KEBUTUHAN ABRAHAM H. MASLOW (1973) :

Motivasi kegiatan seseorang adalah usaha untuk memenuhi semua kebutuhan-kebutuhan pribadi yang bertingkat-tingkat, yaitu : kebutuhan fisik, keamanan, sosialisasi, penghargaan dan jati diri. Pemenuhan kebutuhan tersebut dilakukan secara PROGRESIF atau dari tingkatan yang terbawah naik ke tingkatan yang diatasnya.

TEORI MOTIVASI DUA FAKTOR HERZBERG :

Menurut HERZEBERG, motivasi seseorang melakukan sebuah kegiatan atau tindakan adalah usaha untuk mencapai tingkatan kepuasan ( faktor motivasi ) dan untuk menekan rasa ketidakpuasan ( faktor hijienik).Semua prilaku individu yang didorong motivasi-motivasi tersebut, dilakukan untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Hasil yang diinginkan inilah yang disebut sebagai sasaran. Pemilihan sasaran, bagi setiap individu berbeda satu sama lain, tergantung beberapa hal, yakni :

  1. Pengalaman pribadi
  2. Kemampuan fisik
  3. Norma dan nilai yang berlaku
  4. Kemudahan mencapai sasaran

Dan dalam prakteknya, terdapat keterkaitan antara kebutuhan dan sasaran tersebut. Walaupun pada kenyataannya pula, kesadaran orang akan “ sasaran ” cenderung kurang, sebanding kesadarannya akan “ kebutuhan ”. Orang cenderung lebih menyadari kebutuhan dasarnya/fisiologis ketimbang kebutuhan perolehan/psikologis.

CONTOHNYA adalah seorang Politisi mungkin tidak menyadari betapa tingginya kebutuhannnya akan “ kekuasan ”, tapi ia secara rutin aktivitas dalam pemilihan jabatan tertentu dalam pemerintahan.

REFERENSI :

  • BUKU PAKET DASAR PEMASARAN UNIVERSITAS GUNADARMA (TEGUH BUDIARTO).
  • WWW.GOOGLE.COM (CONSUMER BEHAVIOUR).

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts :

Followers :

Mengenai Saya :

Foto saya
Susah diungkapkn dgn kata-kata karena setiap manusia memiliki sudut pandang yang berbeda-beda terhadap saya.
free counters